Pengenalan Dasar Marketing : Segmentation, Targeting, dan Positioning

Pengenalan Dasar Marketing : Segmentation, Targeting, dan Positioning.
Marketing merupakan dasar dari proses bisnis. Tanpa marketing, maka tidak akan ada penjualan yang datang, jika tidak ada penjualan, maka tidak ada pemasukan cukup, yang berarti bisnis tidak akan bisa berkembang. Lalu, bagaimana menentukan strategi marketing yang tepat?
Dasar dari perencanaan strategi dan aktifitas marketing adalah melakukan analisa STP, yang merupakan 3 strategi sederhana untuk membangun TARGETED MARKETING PLAN bisnis Anda. STP sendiri berarti Segmentation, Targeting, dan Positioning. Setelah Anda mengetahui produk/jasa apa yang akan dijual, pergunakan analisa ini untuk mengetahui pasar mana yang paling cocok Anda masuki atau bagi Anda yang sudah memulai usaha Anda, analisa ini dapat mempertajam/memperbarui strategi bisnis Anda untuk market yang lebih spesifik.
SEGMENTATION
segmenting - mahir jualan
Segmentasi merupakan proses membagi market menjadi beberapa segmen berdasarkan karakteristik dan kebutuhan konsumen. Mengidentifikasi segmen berdasarkan 3 hal berikut :
Berdasarkan geografi
Menargetkan konsumen berdasarkan alamat/domisili konsumen berdasarkan regional tertentu, misalnya ingin menargetkan pasar wilayah kota-kota besar se-Indonesia, atau memulai menargetkan pasar di wilayah kota Jakarta saja.
Berdasarkan demografi
Setelah proses geografi selese kemudian Anda menganalisa pasar yang Anda masuki berdasarkan gender, usia, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan, latar belakang pendidikan.
Berdasarkan psikologi konsumen
Yang terakhir aspek Psikologi konsumen dapat dianalisa melalui value (nilai-nilai) pribadi konsumen Anda, personality atau lifestyle yang mereka sehari-hari.
TARGETING
target market - mahir jualan
Setelah mengidentifikasi segmen, tentunya Anda tidak bisa memasuki semua pasar yang ada di segmentasi-segmentasi tersebut. Anda harus memilih yang paling sesuai dengan produk/jasa yang akan Anda jual. Untuk menentukan target market Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini :
1. Mendefinisikan kemampuan sumber daya (resource) Anda untuk memasuki market yang dituju.
2. Menganalisa sumber daya dan skill yang dimiliki kompetitor.
3. Melakukan komparasi antara kemampuan Anda dan kompetitor untuk mengetahui kekuatan produk/jasa Anda.
4. Memutuskan target market yang sesuai dengan segmen yang Anda pilih dan kemampuan resource Anda.
POSITIONING
positioning - mahir jualan
Positioning adalah strategi yang dapat membedakan produk/jasa Anda dari kompetitor dan menentukan niche market yang akan Anda layani. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu Anda menentukan strategi positioning :
• Produk apa yang paling dicari dan pasti dibeli oleh konsumen Anda, namun belum terpenuhi oleh kompetitor?
• Apa yang membedakan produk Anda dengan kompetitor?
• Apa yang membuat produk/jasa Anda unik?

Mudah dan sederhana bukan? Untuk mengimplementasikannya, Anda tinggal menyesuaikan dengan goal marketing Anda. Tidak peduli seberapa besar usaha Anda, baru memulai ataupun sudah berjalan, ini akan menjadi ilmu dasar untuk memberikan gambaran kepada Anda kemana langkah usaha Anda selanjutnya! 



Alt/Text Gambar

Unknown

INFO BISNIS, BISNIS JASA, BISNIS ONLINE, MOTIVASI BISNIS, SETRATEGI BISNIS, TIPS BISNIS, BISNIS UKM, BUKU BISNIS, EBOOK BISNIS, TOOl dan SOFTWARE BISNIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar